ABOUT MY FAVORITE GADGET : SAMSUNG GALAXY S5360 Y Aka Young


ABOUT MY FAVORITE GADGET : SAMSUNG GALAXY S5360 Y Aka Young 
 
Samsung Galaxy Y merupakan salah satu smartphone Android fenomenal yang meluncur kepasaran dengan harga murah prosesor mumpuni 832 Mhz. Handset menjadi salah satu smartphone entry level yang paling banyak diminati khususnya di Indonesia. Kalau boleh dibilang, ini adalah HP gaulnya anak muda masa kini, cocok bagi yang baru mulai belajar menggunakan sistem operasi Android tapi minim dana, karena harganya lebih merakyat daripada seri yang lain. Meski punya harga merakyat tak lantas mengorbankan performa, justru Samsung Galaxy Y ini mempunyai performa yang lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy Mini, mau tau apa saja keunggulaan Samsung Galaxy Y dibanding Galaxy Mini langsung saja kita bahas dibawah.

Desain
 
Bodi Samsung Galaxy Y terlihat seperti versi mininya Samsung Galaxy S2. Memiliki tampilan yang sederhana, bersih, stylish, permukaan yang rapi, di bagian ujung dan belakang melengkung. Sayangnya, keseksian Galaxy Y harus ternodai dengan bahan casing yang terbuat dari plastik sehingga terlihat seperti ponsel murahan. Ukuran yang relatif mini menjadikan handset ini mudah sekali dimasukkan kantong dan tidak banyak memakan tempat penyimpanan. Untungnya, walaupun terbuat dari plastik masih memberikan nuansa kokoh saat digenggam tak terlalu berat juga tak terlalu ringan. Secara keseluruhan cukup nyaman saat berada digenggaman serta permukaan belakangnya yang berkerut menjadikannya tak mudah tergelincir.

Saat membuka penutup belakan kita akan menjumpai baterai yang dapat dilepas, slot microSD yang mendukung hingga 32GB. Memori tambahan ini akan menolong kita saat digunakan untuk menyimpan file karena memori internalnya hanya berkapasitas 160 MB. Didalam paket penjualannya hanya disertai Micro SD berkapasitas 2GB saja jadi untuk memperluas hingga 32GB kita harus membelinya secara terpisah. Samsung Galaxy YLayarDipanel depan terdapat 3 tombol, tombol power disisi kanan, volume sebelah kiri, dan tombol home dibagian depan. Semua tombol tersebut bekerja cukup responsif. Sedangkan tombol kapasitif disebelah kiri kanan tombol home masing – masing memiliki fungsi back dan menu. Di bagian atas terdapat jack headphone 3.5 mm dan port microUSB yang berfungsi sebagai tempat pengisian ulang dan transfer data dari komputer. Dipanel belakang kita akan menjumpai kamera beresolusi 2MP tanpa LED Flash.

Software
 
Kualitas layarnya sepadan dengan dengan harga yang membanderolnya tak terlihat mengesankan. Selain itu ukurannya juga terlalu mini dan tidak terlalu responsif. Saat dicoba untuk melihat text dan gambar warnanya ngeblur apalagi kalau dibawah paparan sinar matahari langsung nyaris tak terlihat. Kita maklumi saja, karena memang karakteristik LCD pada smartphone entry-level kebanyakan terlihat seperti ini jadi kalau tidak suka dengan layar ini siapkanlah dana lebih untuk memboyong handset lain yang lebih powerfull. Walaupun sudah berjalan pada sistem operasi Android Gingerbread dengan layar 3.0 inches dan resolusi 240 x 320 pixels tentu membatasi gerak kita dalam menaruh widget cantik. Saat digunakan untuk menelusuri halaman web, text yang muncul terlalu kecil apalagi saat kita menulis halaman URL seringkali dalam memasukkan hurufnya terjadi salah ketik. Bagaimanapun juga kita harus menerima keadaan Samsung Galaxy Y apa adanya seperti ini. Dukungan aplikasi dan game tentu juga terbatas karena kecilnya resolusi yang ditampilkan.

Performa
 
Samsung Galaxy Y memang tidaklah dibekali prosesor yang cepat tapi dengan kecepatan 832Mhz kami rasa sudah mampu menjalankan aplikasi lebih cepat ketimbang pendahulunya, Samsung Galaxy Mini yang hanya dibekali prosesor 600 Mhz. Proses membuka aplikasi dan memainkan game juga lebih cepat. Saat digunakan memotret, proses terbukanya aplikasi kamera berlangsung lebih cepat ketimbang galaxy ini, hal ini tentu membantu kita saat ingin mengambil momen penting agar tidak terlewatkan. Walaupun hanya dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 1200 mAh, berkat ukuran layar yang kecil membuat smartphone ini mampu bertahan cukup lama, dapat digunakan seharian penuh tanpa harus mengisi ulang. Lebih tepatnya dapat bertahan selama 17 jam waktu bicara 2G dan 6 jam waktu bicara video call 3G.  

Harga Samsung Galaxy Y
 
Bila Anda menginginkan ponsel pintar berukuran mini tersebut maka siapkanlah dana sekitar Rp 1.149.000 kondisi baru dan Rp 900.000 untuk menebus kondisi bekas.

Spesifikasi Samsung Galaxy Y

 OS : Android 2.3 Gingerbread Prosesor : 830 MHz ARMv6 Jaringan : 2G dan 3G Bodi : 104 x 58 x 11.5 mm ; 97.5 g Layar : TFT 240 x 320 pixels, 3.0 inches ; 256K colors ; 133 ppi Memori : 180 MB, 290 MB user available RAM ; microSD, up to 32GB Kamera : 2 MP, 1600×1200 pixels Koneksi : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0 with A2DP Fitur : Sensors Accelerometer, proximity, compass Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM Browser WAP 2.0/xHTML, HTML Radio Stereo FM radio with RDS GPS Yes, with A-GPS support Java Yes, via Java MIDP emulator Colors Metallic gray, white / changeable back covers in pearly white, dark black, fruity orange, bubblegum pink and silver platter – SNS integration – MP4/WMV/H.264 player – MP3/WAV/eAAC+ player – Organizer – Image/video editor – Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration – Quickoffice document viewer – Voice memo/commands – Predictive text input (Swype) Baterai : Li-Ion 1200 mAh


Terima kasih telah membaca artikel tentang ABOUT MY FAVORITE GADGET : SAMSUNG GALAXY S5360 Y Aka Young di blog Jendela Adelard jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :